Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa Sangat setuju dengan pernyataan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada kongres Diaspora Indonesia tentang pentingnya upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Beruntung Indonesia, khususnya di Jawa Barat, Memiliki budaya partisipasi dan gotong royong, upaya peningkatan kualiatas sumber daya manusia dan pembentukan masyarakat madani akan lebih mudah,”ujar Iwa di Graha Kadin Kota Bandung, Kamis (5/7/2017).

Sebagai upaya meningkatkan partisipasi dan menggelorakan budaya gotong royong warga Kota Bandung, Kadin Kota Bandung akan menggelar Aksi Guyub beberesih yang dipelopori segenap pelaku usaha dan pelajar Kota Bandung serta Aksi Guyub pembangunan Masjid Raya Kota Bandung di Gedebage melalui gerakan rereongan Sarebu Rupiah, pada bulan Juli sampai Desember.

Aksi Guyub Beberesih dan Rereongan Sarebu Rupiah untuk pembangunan  Masjid Raya Kota Bandung merupakan bentuk partispasi warga Kota Bandung terhadap program pemerintah Kota Bandung. “Kadin Bandung sebagai wadah berhimpun pelaku usaha harus peduli terhadap aktivitas keseharian yang langsung  bersentuhan dengan kepentingan masyarakat. Lebih dari itu, dengan kegiatan ini, warga Bandung khususnya para pelajar diajak berpartisipas dengan membudayakan gotong royong,” ujar kang Iwa

Penanggung jawab program Aksi Guyub Budi Supardhi dan Andri Baladiwa mengatakan, aksi guyub ini akan melibatkan seluruh komponen masyarakat di Kota Bandung, “Insyaallah akan didaftarkan ke Muri (Museum Rekor Dunia-Indonesia). Rencananya, aksi guyub ini akan dideklarasikan pada 20 Juli ini oleh Wali Kota Bandunng dan Ketua Kadin Bandung,” kata Budi.

Ditambahkan Andri, Aksi Guyub Beberesih ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai perwujudan partisipasi masyarakat, terutama pelaku usaha, terhadap program-program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. “Sementara itu, Aksi Guyub Rereongan Sarebu Rupiah untuk pembangunan Masjid Raya Kota Bandung di Gedebage merupakan pengejawantahan toleransi dan gerakan gotong royong agar semakin  membudaya di Kota Bandung,” ujar Andri

Pengurus Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) Jabar Iwan Supriawan sangat menyambut baik gagasan dan kepeloporan Kadin Kota Bandung Dengan Program aksi guyub warga Bandung. Dengan kegiatan ini, julukan warga Bandung yang someah dan kreatif akan semakin terpelihara. Budaya bersih, toleran, dan gotong royong  merupakan karakter bangsa Indonesia. Sinergi program pemerintah Kota Bandung dan Kadin perlu mendapat apresiasi semua pihak. “Jadi, tidaklah berlebihan bila Kadin Kota Bandung mendapat apresiasi dari Kementrian KetenagaKerjaan tentang program pemagangan, mendapat apresiasi dari Kedutaan Besar Indonesia di Jepang tentang program investasi,” tutur Iwan.

Hal yang sama dikatakan pengurus Koperasi Agro Jawa Barat Asep Supriatna. “ Aksi guyub yang digagas Kadin Kota Bandung ini harus didukung semua pelaku usaha dan segenap warga Bandung. Kegiatan ini sangat realistis dan penuh manfaat, apalagi dengan melibatkan pelajar,” ujar asep.

Leave a reply

required