Sebanyak 1.500 peserta pemagangan dalam negeri dan 300 pemagangan luar negeri memenuhi Monumen Bandung Lautan Api, Taman Tegallega, Kota Bandung, mengikuti Gelar Pemagangan Nasional Sektor Pariwisata menuju Indonesia Kopenten 2017 yang diselenggarakan Kementrian Ketenagakerjaan, Pemkot Bandung, serta Kamar Dagang dan Industri Kota Bandung, Kamis (20/4/2017).

Acara dihadiri Atase Ekonomi dan Tenaga Kerja Kedutaan Besar Jepang, Kepala dinas Tenaga Kerja Provinsi Jabar dan Kabupaten/ kota se-Indonesia, Kadin Pusat, Ketua Kadinda se-Jabar, Pengusaha Sektor Pariwisata, dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Materi Ketenaga Kerjaan Hanif Dakhiri Dalam sambutan tertulis yang dibicarakan Direktur Jenderal Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas Bambang Satrio Lelono Mengapresiasi Kadin Kota Bandung yang selama lima bulan terakhir ini menggelar program strategis pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia melalui pemagangan.

“Kementrian Ketenagakerjaan mendukung usulan Kadin Kota Bandung dideklarasikan sebagai kota Pemagangan di Indonesia,” ujar Satrio.

Oded M Danial menyambut baik program pemagangan sektor pariwisata nasional dipusatkan di Kota Bandung, karena Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia.

Atase Ekonomi dan Tenaga Kerja Kedutaan Besar Jepang Sinichiro Honda yakin pemagangan Kadin Kota Bandung akan mendapat apresiasi dari industri dan Jepang karena dilaksanakan berkesinambungan.

Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa mengatakan bahwa program pemagangan merupakan bagian dari Bandung Exellent Center. “Alhamdulillah, Kementrian Ketenagakerjaan sangat mendukung program pemagangan ini,” ujar Iwa.

Ketua Gelar Pemagangan Nasional Sektor Pariwisata, dedi Nurdadi mengatakan, pihaknya serta Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat akan mengoptimalkan pemagangan sektor pariwisata. Hal senada disampaikan wakil Ketua Kadin Kota Bandung, Herwianto Muchtar.

Saat acara, ditandatangani MoU magang sektor pariwisata oleh Tetty Hermawan (unsur industri) dan Kadisnaker Kata Bandung Asep Cucu. Dilanjutkan penyematan tanda peserta magang dalam negeri, yang mulai magang Juni ini, dan peserta magang luar negeri yang akan ke Jepang pada Mei sampai Juli 2017 sebanyak 150 orang.

Leave a reply

required