Kadin Kota Medan tertarik dengan produksi industri kreatif Kota Bandung, terlebih lagi setelah dipromosikan oleh Kadin Kota Bandung melalui kunjungan dan kerja sama dengan seluruh kota dan kabupaten di Indonesia.
Hal tersebut mengemuka pada diskusi antara Kadin Bandung dan Kadin Medan, dalam rangkaian kunjungan Pengurus Kadin Kota Bandung di Medan yang dipimpin Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa, pada 27-28 April 2017 lalu. Kadin Kota Bandung diterima pengurus Kadin Medan yaitu Nanang Soetardjo (Ketua Bidang Perdagangan) dan Eric Murdianto (Ketua Bidang Industri Kreatif). Ketika dihubungi kemarin, Iwa mengatakan, potensi produk industri kreatif lokal harus terlebih dahulu menembus pasar dalam negeri. Diperlukan langkah-langkah kreatif untuk peningkatan pemasaran. “Belajar dari indnstri kreatif di Jepang, produk makanan saja dikemas menanik, sampai-sampai untuk membuka kemasannya saja sayang, karena terlalu bagus,” tutur Iwa.
Pengurus Kadin Kota Medan Nanang, sangat mengapresiasi langkah Kadin Kota Bandung untuk mengangkat produk industri kreatif lokal.
Wakil Ketua Kadin Bandung Bidang Industri Kreatif Budi Supardi menjelaskan, Kadin Kota Bandung saat ini memprogramkan ‘Tur Kadin Kota Bandung ke berbagai kota dan kabupaten di Indonesia, untuk mempromosikan produk industri kreatif Kota Bandung.
Rombongan Kadin Kota Bandung juga bertemu dengan pengurus Junior Chamber Indonesia, Asosiasi Distributor Indonesia (Ardin), Himpunan Pcngusaha Muda Indonesia (HIPMI), dan menjadi narasumber lokakarya di Universitas Medan.
Di hadapan 500 mahasiswa, Iwa Gartiwa mengingatkan para mahasiswa agar tidak lagi terjebak dengan pola pikir menjadi pegawai atau pekerja, tapi harus mengubahnya menjadi wirausaha andal.
Sekretaris Lembaga Pemagangan Kota Bandung Mohammad Fallah mengatakan, pihàknya bersama Kadin Kota Bandung sedang memprogramkan Bandung Excellent Center (BEC) melalui Tri Karsa.

Posted in: Ekonomi.
Last Modified: May 2, 2017

Leave a reply

required